6 Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Mudah dan Cepat

Detikotomotif

6 Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Mudah dan Cepat

Detikotomotif.comCara Mematikan Alarm Mobil-Alarm mobil berfungsi untuk melindungi kendaraan dari pencurian kendaraan dan barang berharga di dalam kendaraan. Pernahkah Anda mengalami alarm mobil tiba-tiba berbunyi tanpa sebab? Jangan panik. Detikotomotif menyediakan cara cepat dan mudah untuk mematikan alarm mobil Anda. Sebagian besar mobil modern memiliki fungsi alarm.

Berbagai suara alarm untuk dipilih. Mobil biasanya memiliki empat sensor alarm: sensor sakelar pintu, sensor getaran, sensor mikrofon, dan sensor tekanan. Sensor pintu aktif ketika seseorang membuka paksa. Saat mobil bergetar atau bergetar, sensor getaran diaktifkan. Selain itu, sensor mikrofon akan berbunyi saat terdeteksi suara keras.

Cara Mematikan Alarm Mobil

Alarm adalah fitur keamanan yang dimiliki semua mobil. Tujuannya adalah agar mobil memberi tahu Anda saat seseorang mencoba membuka paksa. Mobil yang dilengkapi alarm ternyata bisa mengeluarkan suara. Suara juga dapat disesuaikan dengan preferensi pemilik mobil.

Selain itu, alarm dilengkapi dengan kepekaan ganda untuk ketenangan pikiran. Misalnya, suara keras dan getaran keras dapat langsung memicu alarm keras. Namun, mungkin ada beberapa kondisi yang menyebabkan alarm berbunyi secara tiba-tiba. Setiap kali Anda mengalami hal seperti ini, jangan panik dan tetap tenang. Ada cara untuk mengatasinya.

Jika Anda ingin mengetahui apa yang terjadi jika alarm mobil Anda bermasalah, baca petunjuk di bawah ini tentang cara mematikan alarm mobil

1.Membuka pintu secara manual

Cara mematikan alarm mobil yang pertama adalah membuka pintu mobil secara manual. Pintu mobil memiliki sensor alarm berupa saklar, dan ketika pintu dibuka maka saklar alarm akan mati secara otomatis. Kesalahan paling umum yang terjadi adalah pemilik mobil mematikan paksa alarm dari jarak jauh. Padahal, masalahnya bisa jadi remotenya rusak atau baterainya mati. Jika remote tidak berfungsi, gunakan kunci untuk membuka mobil.

2,Nyalakan mobil Anda seperti biasa

Cara mematikan alarm mobil yang kedua adalah menyalakan mobil seperti biasa. Untuk melakukan ini, buka pintu mobil secara manual dari jarak jauh. Kemudian nyalakan mesin. Biasanya, saat Anda menyalakan mesin mobil, alarm mobil akan mati secara otomatis. Ini karena sensor alarm mendeteksi kunci yang digunakan untuk menyalakan kendaraan. Cara ini bisa dilakukan sebagai tebakan pertama saat alarm tiba-tiba berbunyi.

3.Reset kunci manual

Jika alarm masih berbunyi saat mesin mobil dihidupkan, coba setel ulang kunci secara manual. Caranya adalah selalu putar kunci kontak sebanyak 10 kali dari ON ke OFF. Memutar kunci mobil berulang kali akan menonaktifkan fungsi alarm. Sebelum berhenti berbunyi, alarm akan berbunyi lebih cepat dari biasanya dan kemudian berhenti. Lampu kedip kecil di speedometer padam saat alarm berhasil dihentikan. Ini menandakan bahwa alarm mobil telah berhasil dimatikan.

4.Copot sekering

Cara mematikan alarm mobil yang terus berbunyi dengan melepas sekring mobil. Sekering mobil biasanya terletak di bawah kap atau di bawah jok belakang. Misalnya pada Toyota Avanza, sekring terletak di bawah setir di ruang mesin. Posisi sekring berbeda untuk setiap mobil, jadi harap periksa posisi sekring mobil Anda. Kode sekering alarm mobil adalah “HORN”. Tanda sekering yang gagal biasanya berupa kaki hitam. Jika Anda memilikinya, harap ambil sekring cadangan dari tempat berlabel “SPARE”

5.Lepaskan aki mobil

Cara yang sama efektifnya untuk mematikan alarm mobil Anda adalah dengan meresetnya secara manual. Reset manual ini bisa dilakukan dengan terlebih dahulu melepas aki mobil selama beberapa detik. Lepas saja kepala negatif (-) aki beberapa detik, tidak perlu melepas bagian positif (+).

Setelah dilepaskan selama beberapa detik, pasang kembali bagian negatif kepala aki. Setelah dipasang, bunyikan alarm mobil untuk memastikan pintu terbuka dan terkunci. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara ini dapat mengatur ulang semua kelistrikan di mobil Anda. Jangan kaget jika audio, power windows, dan jam digital Anda tidak akurat seperti sebelum Anda melepas kepala baterai.

6.Ganti baterai remote

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara di atas, jangan lupa untuk mengecek status baterai remote Anda. Jika baterai di remote control lemah, alarm mungkin berbunyi. Coba bersihkan area baterai terlebih dahulu, ganti baterai dengan yang baru, lalu pasang kembali. Cara ini mungkin cukup ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Banyak pemilik mobil tidak memikirkan aki jarak jauh ini.

Usahakan menggunakan baterai yang berkualitas baik jika Anda menggantinya dengan yang baru. Toh harga baterai remote control ini cukup murah. Oleh karena itu, lebih baik memilih yang kualitasnya lebih baik, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Fitur dan manfaat alarm mobil

Setelah mengetahui cara mematikan alarm mobil, saatnya mengulas fitur dan manfaat alarm itu sendiri. Fitur keamanan ini dibuat untuk mencegah pencurian mobil dan kerusakan mobil Anda.
Berikut adalah beberapa fitur dan manfaat alarm mobil:

1.Untuk pencegahan pencurian

Fungsi utama memasang alarm pada mobil adalah untuk mencegah terjadinya pencurian mobil. Sebuah sensor yang merupakan bagian dari komponen alarm, biasanya berupa saklar, dipasang pada pintu. Saat pintu mobil terbuka, sakelar mengirimkan sinyal ke unit kontrol. Sinyal yang dipancarkan oleh sensor ini diperoleh kembali oleh bagian unit kontrol.

Unit kontrol juga dapat mengaktifkan alarm, memberikan output berupa lampu berkedip atau membunyikan sirene sebagai tanda bahaya. Jadi alarm akan berbunyi begitu Anda menyentuh mobil

2.Sebagai tanda peringatan

Mobil tua biasanya tidak memiliki alarm mobil built-in. Namun, mobil tua bisa dipasangi alarm untuk mendukung sistem keamanan, jika diinginkan.

Alarm mobil sangat berguna tidak hanya sebagai pencegah pencurian tetapi juga sebagai tanda peringatan bahaya. Saat berkendara di malam hari, Anda biasanya sangat lelah dan tidak fokus.

Dalam situasi ini, Anda mungkin perlu menghindari objek tertentu. Alarm kemudian akan berbunyi, biasanya segera setelah itu, untuk memberi tahu Anda tentang tanda-tanda peringatan. Tidak hanya hal-hal besar tetapi juga hal-hal kecil

3.Sebagai sistem keamanan

Selain untuk mencegah pencurian mobil, fungsi lain dari alarm mobil adalah sebagai sistem keamanan. Contoh fitur keamanan dalam hal ini adalah untuk mencegah upaya kerusakan/intrusi pada mobil.
Saat ini para pencuri mobil sudah memiliki alat yang cukup untuk melakukan aksi mencuri mobil dengan lebih lihai.

Selanjutnya, pasang sensor yang terpasang pada alarm Anda agar Anda dapat dengan mudah mendeteksi aktivitas yang berpotensi mencurigakan di mobil Anda. Misalnya pintu mobil dibuka paksa dengan alat tertentu.
menemukan lokasi mobil.Sepele kedengarannya, fungsi alarm mobil Anda berikutnya juga sangat penting. Artinya, misalnya, Anda dapat mengetahui di mana mobil Anda berada jika Anda lupa di mana disimpan atau diparkir

Akhir Kata

Berikut 6 Cara Mematikan Alarm Mobil Dengan Mudah dan Cepat ini Bisa Jadi Referensi . Semoga ulasan singkat artikel ini dapat membantu anda . Terimakasih dan selamat membaca artikel terbaik lainnya seputar dunia otomotif hanya di Detikotomotif.com

Bagikan: