Bagaimana Cara Merawat Motor Injeksi dengan Mudah dan Tepat?

Detikotomotif

Bagaimana Cara Merawat Motor Injeksi dengan Mudah dan Tepat?

Detikotomotif.comCara Merawat Motor Injeksi-Saat ini, sepeda motor sudah menjadi kebutuhan transportasi bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran Anda memiliki banyak sepeda dalam satu rumah, meskipun harganya cukup mahal. Apalagi dengan rilisnya seri sepeda terbaru, pasti membuat semua orang ingin memilikinya.

Beragam jenis sepeda motor bisa Anda temui di Indonesia.Salah satu jenis motor yang banyak digunakan oleh pengguna adalah jenis injeksi. Merawat sepeda motor injeksi memang sulit dan mudah karena membutuhkan beberapa langkah. Sama seperti saat Kickstrater mati, Anda jelas tidak punya pilihan selain pergi ke bengkel.

Performa motor injeksi sendiri tentunya bertenaga dan irit, serta banyak dipilih orang. Beberapa seri motor dikenal karena efisiensi bahan bakarnya, yang membantu mengurangi biaya.

Ada juga aspek penghematan bahan bakar, jadi tidak perlu sering-sering ke pom bensin. Namun terkadang sebagian orang justru lalai merawat motor injeksi dan bisa berakibat fatal dengan merusak komponen bahkan mesinnya. Tentunya motor injeksi yang berumur panjang membutuhkan servis dan perawatan rutin agar selalu siap pakai.

Proses perawatan motor injeksi tentunya melibatkan pergantian komponen yang bisa memakan biaya cukup besar. Namun, ini sudah menjadi risiko karena memberikan keuntungan bagi pengguna dalam hal performa dan penghematan bahan bakar.

Oleh karena itu, metode perawatan motor injeksi tidak bisa diabaikan dan harus diterapkan. Perhatikan bahwa beberapa motor injeksi juga dilengkapi dengan fitur canggih yang dapat mendeteksi kerusakan melalui kedipan lampu.

Dalam hal ini, motor injeksi memiliki banyak keunggulan dibanding motor karburator. Selain itu, dengan adanya sistem ini membuat keiritan bahan bakar kendaraan menjadi lebih awet.

Cara Merawat Motor Injeksi Dengan Mudah

Namun untuk menjaga performanya, perlu diketahui cara merawat sepeda motor injeksi yang benar. Berikut beberapa tips penting yang bisa Anda perhatikan terkait perawatan motor injeksi:

1.Periksa status tau kondisi aki

Aki merupakan bagian penting dari motor injeksi. Pada motor injeksi, keberadaan Aki memegang peranan penting dalam menghidupkan mesin. Selain itu, baterai memegang peranan penting karena mendukung kinerja komponen motor lainnya.

Aki memasok energi listrik ke unit kontrol mesin “ECU”, pompa bahan bakar, dan injektor. Masalah apa pun dengan Aki akan mencegah ketiga komponen bekerja dengan benar.

2.Dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi

Cara merawat sepeda motor injeksi yang pertama adalah dengan memperhatikan jenis bahan bakar yang digunakan. Juga, pastikan untuk menggunakan bahan bakar oktan tinggi, bebas timah. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa proses pembakaran di dalam mesin sepenuhnya berkembang.

Jenis bahan bakar yang disarankan untuk dipilih adalah bahan bakar oktan 90. Tujuannya adalah pembakaran sempurna tanpa residu karbon. Selain itu, jangan memilih bahan bakar dengan nilai oktan terlalu tinggi karena dapat menyebabkan motor menjadi terlalu panas.

3.Jangan kosongkan tangki bahan bakar

Tips penting selanjutnya untuk memastikan keawetan dan performa motor injeksi Anda yang tinggi adalah jangan pernah kehabisan bahan bakar. Pastikan tangki bahan bakar penuh atau setidaknya setengah penuh. Ini penting untuk menjaga kerak dan kotoran keluar dari pompa bahan bakar dan injektor.

4.Dengan membersihkan injektor secara rutin

Komponen injektor juga harus diperiksa secara berkala untuk memastikan motor injeksi selalu dalam keadaan baik. Pemeriksaan komponen ini dikenal sebagai injektor gerinda dan biasanya dilakukan setiap 10.000 km sepeda. Tujuannya adalah untuk menghilangkan endapan kerak dan residu karbon yang mungkin ada di ruang bakar dan injektor.

Cara membuat injektor gerinda dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang diinjeksikan ke dalam ruang bakar melalui injektor. Proses pemasangan harus dilakukan oleh mekanik profesional. Dan kemudian Anda harus melepas tangki bahan bakar. Proses menjalankan Grinjector biasanya memakan waktu sekitar satu jam.

5.Dengan penggantian oli secara teratur

Penggunaan motor injeksi juga membutuhkan penggantian oli secara berkala. Waktu penggantian oli bisa dilakukan minimal dua bulan sekali atau saat motor sudah dipacu sekitar 1.000 km. Selain itu, jangan biarkan oli mesin mengering, karena akan sangat mempengaruhi performa.

6.Dengan rutin melakukan servis motor

Hal terpenting berikutnya adalah melakukan servis sepeda Anda secara rutin atau rutin. Dengan menyervis sepeda secara menyeluruh setiap tiga bulan sekali. Selalu perhatikan perawatan sepeda motor agar pemeriksaan kendaraan berjalan dengan baik

7.Perawatan busi

Kondisi busi motor injeksi juga memegang peranan penting. Busi memiliki fungsi penyalaan api dan digunakan untuk memulai pengapian di kompartemen mesin.Juga, busi yang rusak dapat mencegah pembakaran sempurna di mesin. Hal ini mempengaruhi kemampuan mesin untuk menghasilkan listrik dan dapat membuat motor sulit dihidupkan.

8.Memeriksa bagian ECU

ECU yang bisa dibilang jantungnya motor injeksi hampir sama dengan CDI yang terpasang di motor karburator. Segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem injeksi dikendalikan melalui ECU. Jadi apa itu? Mulai dari mode berkendara, campuran udara-bahan bakar, pelambatan bahan bakar dan berbagai komponen penting lainnya.

9.Dengan mengecek kondisi filter udara

Pengecekan filter udara merupakan salah satu perawatan penting untuk motor injeksi. Bagian ini harus diperiksa jika sepeda telah digunakan setidaknya sekali setiap 3.000 atau 4.000 km. Pastikan juga filter udara bebas dari berbagai jenis debu dan kotoran.

Dan efek jika filter udara kotor sangat buruk. Saringan udara memiliki peran menyaring udara yang mengalir ke ruang mesin dan mencegah masuknya debu dan kotoran.Jika bagian ini kotor, otomatis akan mempengaruhi pembakaran di ruang mesin, menyebabkan motor menjadi tidak stabil dan output turun

Akhir Kata

Berikut Cara Merawat Motor Injeksi dengan Mudah dan Tepat ini Bisa Jadi Referensi . Semoga ulasan singkat artikel ini dapat membantu anda. Terimakasih dan selamat membaca artikel terbaik lainnya seputar dunia otomotif hanya di Detikotomotif.com

Bagikan: