Tips dan Cara Memilih Oli Motor Dengan Mudah dan Tepat

Detikotomotif.comTips Memilih Oli Motor -Saat memilih oli mesin terbaik, tentunya tidak boleh asal-asalan. Ada banyak hal yang harus Anda ketahui saat sebelum beli. Mulai dari standar kekentalan (SAE), kode kualitas (API), hingga tipe. Anda harus memperhatikan semua ini sebelum memilih oli yang akan digunakan. Jangan lupa harga juga perlu dicek. Jangan memilih oli yang mahal, tapi yang terbaik. Jadi, masalah harga memang relatif

Mengetahui cara memilih oli mesin yang tepat sangat penting untuk meningkatkan performa mesin. Ada beberapa macam oli motor yang diutamakan untuk keadaan tertentu dan type sepeda motor, menjadi tidak boleh salah tentukan oli untuk jaga kualitas dan perpanjang usia mesin bermotor anda.

Untuk menjaga agar performa mesin tetap stabil, penggantian oli yang sering sangat dianjurkan. Namun, oli motor yang digunakan tidak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan beberapa faktor dalam menggunakan oli motor terbaik. Oleh karena itu, artikel detikotomotif ini akan memberikan Anda beberapa informasi oli mesin terbaik, dimulai dari saran memilih oli mesin yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips dan Cara Memilih Oli Motor

Bila Anda kebingungan bagaimana caranya pilih oli motor dengan kualitas terbaik untuk kegiatan setiap hari atau untuk perjalanan jauh, Tips Memilih Oli Motor Dengan Mudah dan Tepat:

1.Cari tahu oli SAE yang tepat

Bila lokasi bengkel resmi amat jauh, Anda dapat memilih untuk mengganti oli di bengkel paling dekat. Bila itu saja yang dapat dilakukan, pastikan Anda ketahui beberapa hal tehnis SAE dari oli motor. Apa itu SAE? Society of Automotive Engineers, sejenis organisasi internasional yang membakukan nilai kekentalan oli untuk mesin mobil, termasuk sepeda motor. Tidak perlu bingung dengan istilah ini, yang perlu diperhatikan adalah angka yang ada di kode SAE. Berkat kemudahan teknologi, kini mudah untuk mengetahui kekentalan oli yang tepat untuk sepeda motor kita.

2.Sesuaikan jenis oli dengan jenis mesin dan kopling

Jenis sepeda motor yang paling banyak digunakan adalah sportbike, sepeda motor, dan skuter bermotor. Motor sport adalah sepeda motor dengan kapasitas mesin yang besar, dengan volume rata-rata 250 cc, dan biasanya digunakan untuk balapan. Sedangkan skutik memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil, biasanya kurang dari 150 cc dan nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sedangkan skuter jenis matic adalah motor yang menggunakan transmisi otomatis.

Selanjutnya jenis sepeda motor juga dapat dibedakan berdasarkan koplingnya yaitu kopling basah dan kopling kering. Kopling basah berarti kopling moto terendam air, hingga kopling tidak gampang aus. Kualitas oli mesin sangatlah memengaruhi tipe sepeda motor yang memakai kopling basah, seperti sepeda motor dan sportbike. Sedangkan kopling kering artinya kopling tidak terendam atau tertutup oli, dan biasanya digunakan untuk jenis skuter matic.

3.Ada sertifikat JASO dan API

Sekali lagi pengendara dibuat bingung dengan dua istilah asing tersebut. Namun, berikut cara jitu agar tidak tertipu dengan oli palsu, Anda perlu memahami ilmunya terlebih dahulu.

Oleh karena itu, JASO adalah singkatan dari Japan Automotive Standards Association, sebuah organisasi yang berperan untuk memeriksa standar kualitas oli. Di belakang kemasan oli resmi dan berkualitas, harus ada tulisan

“JASO” dengan tambahan MB atau MA. JASO MB ialah oli yang dipakai untuk motor suktik dan matic, Dan MA untuk motor bebek dan sport. Selainnya JASO, ada pula istilah API yang disebut kependekan dari American Petroleum Institute .API ialah lembaga penguji kualitas pelumas oli namun cakupannya Eropa dan Amerika. menurut ahli oli, langkah tentukan bagus atau tidaknya API sebetulnya gampang.

Lihat Huruf yang meng ikuti Sesudah “S” misal SA, SB, SC, SD dan seterusnya. Makin jauh posisi abjadnya, karena itu kualitas oli itu akan makin baik

Fungsi Oli Motor

Secara umum oli motor sebagai cairan pelumas yang diperlukan untuk memberikan dukungan kelancaran pengoperasian mesin sepeda motor dan komponen lainnya.Seperti darah pada tubuh, oli akan mengalir ke semua bagian mesin supaya mesin dapat bekerja secara baik dan bebas permasalahan. Dengan memakai oli mesin terbaik tentu saja kita dapat memperoleh perform yang serupa baiknya dan mesin dapat semakin terurus. Ada empat fungsi utama oli mesin, yaitu pelumasan, perlindungan, pendinginan, dan juga pembersihan

1. Pelumasan

Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga dapat meminimalkan gesekan-gesekan yang terjadi antara komponen logam mesin.Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan sisi mesin menjadi cepat aus, kurangi tenaga yang dibuat, menghasilkan kotoran dan panas. Oli akan menahan pergerakan mesin jadi lebih lembut dan menghindar terjadi kerusakan pada komponen mesin dan kurangi gesekan di antara bagian mesin satu sama yang polos.

2. Membersihkan

Sisa hasil pembakaran mesin akan memunculkan kerak, kerak ini harus selekasnya dibersihkan supaya tidak mengusik Perform motor. Oli akan bersihkan kerak ini hingga tidak menimbun di bagian mesin, dengan membuangnya bersama dengan oli di saat lakukan penggantian supaya jaga mesin masih tetap bersih. Disamping itu, kamu wajib bersihkan mesin motor secara berkala supaya mesin motor selalu pada keadaan prima

3. Mendinginkan

Mesin akan hasilkan panas saat bekerja, berikut peranan oli yang baik untuk menyerap panas sekalian mendinginkan suhu mesin. Oli Yang Mingalir Bada Permukan Combunin Akan Mimawa Banas Yang Dehasilkan Misen Dari Pembakaran De Dalam Cylinder Dan Jeskan Antar Combunin Misen, Kemodian Panas Testpot Akan Dibuang Persama Dingan Odara Yang Mingalir Bada Mingana.

4.Melindungi

Selainnya bersihkan kerak dan membuat perlindungan dari gesekan kasar komponen, oli motor berperan membuat perlindungan karat mesin motor dengan melapis sisi logam agar menghindar dari contact langsung dengan udara atau udara. Oli akan menghambat reaksi oksidasi pada beberapa komponen mesin itu. Seterusnya, oli dapat turunkan kebocoran kompresi atau penekanan karena pembakaran dengan semua susunan oli yang akan isi celah antara piston dan silinder mesin.Disamping itu, oli berperan sebagai peredam getaran dan suara berisik hasil benturan piston hingga suara mesin akan kedengar lebih lembut.

Akhir Kata

Berikut Tips dan Cara Memilih Oli Motor Dengan Mudah dan Tepatini Bisa Jadi Referensi Saat Memilih oli motor. Semoga ulasan singkat artikel ini dapat membantu anda. Terimakasih dan selamat membaca artikel terbaik lainnya seputar dunia otomotif hanya di Detikotomotif.com